Language:
Privatisasi Air
Selasa, 15 Maret 2011 15:11
Sejarah Sistem Penyediaan Air Bersih

Sistem penyediaan layanan air bersih di negara-negara Eropa mulai berkembang sejak abad 17, meskipun cakupan pelayanannya masih terbatas terutama hanya untuk masyarakat yang mampu membayar dan pemadam kebakaran. Ketika perkotaan semakin berkembang pada abad 19, kebutuhan akan sistem penyediaan air bersih yang baik dan kesehatan masyarakat mulai menjadi perhatian. Penyediaan layanan air bersih yang awalnya dilakukan oleh swasta mulai diambil alih oleh pemerintah daerah di negara-negara Eropa kecuali Perancis. Tidak mengherankan jika perusahaan air raksasa seperti Suez dan Veolia berasal dari Perancis. Sebagai catatan, pengambil alihan layanan air bersih dari swasta ke publik pada saat itu dikarenakan alasan-alasan efisiensi, biaya, dan isu-isu korupsi. Periode ini dikenal dengan periode munisipalisasi. Periode ini juga berlangsung di Amerika Serikat dimana 82% air bersih di kota-kota besar terlayani oleh operator publik tingkat daerah.Setelah perang dunia I, layanan publik seperti telekomunikasi,listrik dan air bersih mulai menjadi perhatian nasional. Pemerintah pusat dengan beragam intensitas kendali, regulasi dan investasinya mulai mengambil alih peran daerah termasuk di sektor air bersih. Investasi untuk membangun infrastuktur air bersih menjadi bagian penting pada masa ini, sebagai bagian dari upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan meredam keresahan sosial. Meskipun manajemen air bersih masih berada di tangan daerah, namun pemerintah pusat berperan penting dalam pembiayaan infrastruktur dan melakukan intervensi peraturan. Badan pengatur mulai dibentuk untuk menjaga kepentingan sosial, ekonomi, dan lingkungan. Periode ini berlangsung sampai tahun 70-an.

Pada saat resesi global melanda dunia tahun 70-an, peranan negara yang berlebihan dalam pembangunan mulai mendapat gugatan. Investasi publik untuk pembangunan infrastruktur layanan publik semakin berkurang akibat keterbatasan budget pemerintah pusat. Tarif air yang rendah, subsidi, kondisi infrastruktur yang menua, dan semakin meningkatnya permintaan terhadap layanan air bersih memperparah anggaran pemerintah pusat. Reformasi layanan publik mulai dperkenalkan melalui beberapa program antara lain deregulasi, privatisasi, dan pemotongan anggaran publik dalam pembiayaan infrastruktur air bersih.

Sedikit berbeda dengan negara-negara utara, sistem penyediaan layanan air bersih di  negara negara berkembang sebagian besar merupakan warisan kolonial. Penyediaan layanan air bersih disedikan khusus untuk kepentingan kolonial. Masyarakat yang ingin memperoleh akses air bersih harus membayar dengan harga yang mahal tanpa ada subsidi silang seperti di Kampala Uganda. Tidak mengherankan banayak masyarakat yang tidak memperoleh layanan air bersih. Kondisi ini mewariskan jaringan infrastruktur air bersih yang tidak utuh serta ketimpangan sosial ekonomi masyarakat yang semakin parah.

Setelah kemerdekaan, negara-negara berkembang mulai memperbaiki sistem penyediaan layanan publiknya termasuk layanan air bersih. Namun berbeda dengan kebanyakan negara utara, di negara berkembang pada saat itu belum memiliki pemerintah daerah yang kuat, sehingga layanan air bersih kebanyakan dimiliki oleh pemerintah pusat, seperti di Srilanka dan Argentina misalnya. Namun lambat laun, dominasi pemerintah ini semakin hilang seiring resesi global pada tahun 70an. Sama seperti di negara-negara utara, pemerintah di negara-negara berkembang diminta mundur dan melakukan reformasi layanan publik dengan memberikan kesempatan bagi partisipasi swasta yang lebih luas, termasuk di sektor air bersih.


« Back to archive Privatisasi Air | | |
Privatisasi Air Linked
List Comment
Comment
Name :
Email :
Website :
Title Comment :
Comment :
Code :
Letter code above the input fields bellow
 
Minggu, 20 Maret 2011 13:51
Kemelut Sumberdaya Air; Menggugat Privatisasi Air di Indonesia

Kitab  ini adalah semacam lonceng bangun pagi (wake up call) untuk  mengingatkan...


Minggu, 20 Maret 2011 12:56
Air Sebagai Layanan Publik

Air Sebagai Layanan Publik mencoba mendeskripsikan kembali sejarah penyediaan layanan air...



© 2011 copyright Kruha.org
Best viewed Mozilla, Opera, Google Chrome
All Rights Reserved. Powered by oneTechno